Pembukaan Kegiatan Jobfair dan Baitul Arwam Purna Studi Tahun 2023 (Foto Humas UNIMUGO)

UNIMUGO GOMBONG – Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) menggelar kegiatan Jobfair dan Baitul Arqam Purna Studi (JFBA) Tahun 2023 bagi Mahasiswa tingkat akhir yang dilaksanakan pada hari Kamis – Sabtu, 31 Agustus – 2 September 2023 di Auditorium.

Hadir pada kesempatan pembukaan JFBA, Rektor, Wakil Rektor I, II dan III, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dekan Fakultas Sains & Humaniora, Kepala Lembaga, Ketua Program Studi serta karyawan UNIMUGO.

Kegiatan ini merupakan pembekalan kepada calon alumni untuk membekali nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dan memberikan informasi-informasi terkait lowongan pekerjaan yang ada di instansi rekanan, baik rumah sakit, umum maupun Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang telah kerjasama dengan UNIMUGO, ujar Ketua Panitia sekaligus Ketua Career Development Center UNIMUGO Endah Setianingsih, M.Kep.

Perlu kami sampaikan jumlah peserta 342 terdiri Mahasiswa Profesi Ners, Farmasi Program Sarjana,  Keperawatan Program Diploma Tiga, Kebidanan Program Diploma Tiga dan Teknik Industri Program Sarjana. ‘Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, untuk hari Kamis dan Jum’at  tanggal 31 Agustus dan 1 September 2023 kegiatan Baitul Arqam yang insya Allah akan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen’, ujarnya.

‘Kemudian untuk pada hari Sabtu, 2 September 2023 akan dilaksanakan kegiatan Jobfair dari instansi rekanan UNIMUGO dari berbagai wilayah Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Tengah’, jelasnya.

Susunan Rundown Kegiatan Jobfair dan Baitul Arqam Purna Studi Tahun 2023

Kegiatan Baitul Arqam pada hari Kamis, 31 Agustus dan 1 September 2023 materi dan pembicaranya adalah :
  • Profil Kader Muhammadiyah oleh Bachtiar Dwi Kurniawan, S.Fil.I., MPA Ketua MPK PP Muhammadiyah,
  • Ideologi Muhammadiyah oleh Dr. H Jumari dari PDM Magelang,
  • PHIWM dan Pengembangan Keprofesian oleh Mintaraga Eman Surya, Lc.M.A dari PDM Banyumas.,
  • Faham Agama Muhammadiyah oleh Dr. Drs. Lendra J Yusuf Geasill dari PDM Banyumas,
  • Reviltasasi Ideologi Muhammadiyah oleh Alfalisyado, S.E.Sy.,M.E.AWP.,
  • Risalah Islam Berkemajuan dan Mukodimah Anggaran Dasar Muhammadiyah oleh H. Puji Handoko, S.Ag., M.Pd Ketua PDM Kebumen,
  • Qiyamul Lail oleh Muhammad As’as, M.Pd,
  • Sholat Subuh oleh Tyan Khusni, M.Pd,
  • Tuntunan Ibadah Tarjih oleh Shanthy Hawanti, Ph.D dari Senior Lecture Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Sedangkan untuk kegiatan Jobfair diisi oleh :
  • BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) Jawa Tengah,
  • Lembaga Pelatihan Kerja Binawan,
  • LoveCare Indonesia, oleh Bunda Palupi Candra
  • RS PKU Muhammadiyah Gombong oleh dr. Bayu Robie Wibisono,
  • RS PKU Muhammadiyah Sruweng oleh Manajer PSDI Tri Wahyu Widodo, S.Kep.,Ns,
  • Apotek K-24 oleh Elisa Rahmawati, S.Psi
  • Lembaga Pelatihan Kerja Bahana Inspirasi Muda oleh Sony Dwi Ariyandi, ST
  • Organiasai Profesi, Ikatan Apoteker Indonesi (IAI) Daerah Kebumen oleh Apt. Aim Luthful Hakim, S.Farm.,M.KM, Persatuan Ahli Farmasi (PAFI) Kebumen oleh Denok Suryo Wardani, S.Farm, Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kebumen oleh Sri Widayati, M.Kep, Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Kebumen disampaikan oleh Bidan Ny. N. Lusi Sumartini, S.ST. dan,
  • Motivator dari Yogyakarta, Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng menutup rangkaian kegiatan job fair.

Rektor UNIMUGO Dr. Hernyatun, M.Kep.,Sp.Mat pada saat sambutan pembukaan Jobfair dan Baitul Arqam Purna Studi Tahun 2023 (Foto Humas UNIMUGO)

Serap Tenaga Kerja dari Alumni UNIMUGO

‘Tujuan kegiatan Jobfair dan Baitul Arqam Mahasiswa Purna Studi yaitu membekali calon Alumni UNIMUGO untuk lebih memahami nilai – nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dan Jobfair sendiri menjadikan refrensi kepada calon alumni untuk bisa segera menerapkan ilmunya yang dapat di kampus dan diterapkan di tempat kerja  baik di dalam dan luar negeri’, ujar Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep.,Sp.Mat

Pembekalan untuk Calon Alumni

Pembekalan ini dengan Baitul Arqam dimana satu malam menginap untuk melaksanakan kegiatan Qiyamul lail/Sholat Tahajud/Sholat malam bersama agar mahasiswa lebih memahami tentang nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan. “Tidak hanya pembekalan, namun kegiatan ini juga sebagai wujud Cinta UNIMUGO kepada calon alumni yang telah menyelesaikan masa studinya”, ungkapnya. /TAY